4 Tips menentukan Produk Kosmetik Asli Atau Palsu

tips mengenali kosmetik asli atau palsu

Masing ingat dengan kasus beredarnya kosmetik atau skincare palsu yang merusak wajah banyak perempuan. Pasti ngeri kalau wajah rusak karena salah memilih produk perawatan kulit. Lebih ngeri kalau produk yang kita beli ternyata palsu. Bukannya cantik, kulit jadi rusak dan tidak sehat.

Produk palsu ini biasanya muncul ketika produk asli memiliki harga yang relative mahal dan peminatnya cukup banyak. Peracik produk palsu ini biasanya memberikan harga yang lebih murah, tanpa menjaga kualitas produk yang dihasilkan.

Perbedaan Produk Kosmetik Asli dan Palsu

Produk kosmetik saat ini semakin banyak ragamnya. Bahkan dalam satu brand saja, bisa mengeluarkan banyak produk baru yang menunjang perkembangan  bisnisnya. sayangnya, sebagai konsumen kita kerap terlena dengan produk incaran, tanpa sadar bahwa produk yang kita suka tersebut ada yang versi palsunya.

Cara Membedakan Produk Kosmetik Asli atau Palsu

  • Lihat Tekstur Warnanya

Tektur produk kosmetik atau skincare yang asli biasanya lebih soft dengan tekstur yang lembut. Jika ada produk serupa dengan merek sama, tapi teksturnya lebih kental dan warnanya mencolok, dapat dipastikan bahwa produk tersebut tiruan atau palsu.

  • Lihat Kemasannya

Belakangan beredar ada produk cushion Maybelline yang palsu. Produk terbaru dari Maybelline ini memang baru launching dan menarik minat banyak pelanggan karena kemasannya yang unik. Berbeda dari cuhion pada umumnya yang berbentuk bundar.

Sayangnya ditemukan di pasaran produk serupa dengan merek yang sama. Namun jika diteliti ada perbedaan pada kemasannya. Seperti logo perusahaan asli hanya terdapat pada kemasan yang asli, atau tanda barcode atau tanda lainnya yang tidak sama antara kemasan asli dan palsu.

Produk kosmetik palsu tidak mencantumkan BPOM dan halal MUI. Sementara produk asli akan mencantumkan semua sertifikat yang dipunyai, termasuk BPOM dan halal MUI. Informasi tentang produk juga ditulis lengkap dalam kemasan.

  • Lihat Ijin BPOMnya

Produk yang asli pasti mendapatkan ijin BPOM yang menunjukkan bahwa produk kecantikan tersebut sudah lolos uji dan aman dipakai dalam jangka panjang. Maka untuk membuktikan produk tersebut asli atau palsu, tinggal cek saja nomor BPOM yang ada dalam kemasan.

Produk kecantikan yang asli akan memunculkan nomor BPOM saat dicek keasliannya. Sementara produk palsu tidak terdaftar di BPOM dan berbahaya bagi kesehatan kulit.

  • Harga Lebih Murah

Produk palsu biasanya menawarkan harga yang lebih murah dari produk aslinya. Hal ini dipicu oleh banyaknya peminat dari produk kecantikan yang asli, namun harga yang ditawarkan perusahaan masih tergolong mahal.

Oknum tertentu memanfaatkan banyaknya peminat tersebut dengan membuat produk palsu. Ciri utamanya adalah harga yang lebih murah dari versi asli. Karenanya jangan terlalu tergiur dengan produk murah karena belum tentu kualitasnya bagus.

Cek dulu keaslian produk dan biasakan membeli produk di tempat yang resmi, sehingga terhindar dari produk palsu yang biasanya dijual di sembarangan tempat.

  • Perhatikan Reaksi Setelah Pemakaian

Produk palsu biasanya memberikan efek alergi pada kulit sampai kerusakan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan pada produk kecantikan yang palsu tidak sesuai dengan kandungan yang terdapat pada produk aslinya.

Beberapa faktor penyebabnya bisa jadi karena kandungan tersebut memang mahal dan susah dicari. Oknum pembuat produk palsu mengganti kandungan atau bahan dari produk dengan bahan lain yang kebih murah, bahkan ada yang tidak layak pakai. Tentu saja hal ini bisa merugikan konsumen.

  • Lihat Pabrik Pembuatannya

Produk asli dibuat di pabrik besar dan resmi. Pabrik ini bisa jadi milik perusahaan kecantikan yang bersangkutan, atau pabrik umum yang dipakai untuk memproduksi beberapa produk kosmetik dan skincare.

Pabrik umum yang dipakai bersama ini namanya maklon kosmetik. Untuk bisa memproduksi bahan kosmetik di maklon kosmetik tidak bisa sembarangan. Selain bahan yang dipakai harus lulus uji BPOM dan aman dipakai jangka panjang, produk juga harus halal MUI.

Mengenal Maklon Kosmetik

Maklon kosmetik adalah perusahaan yang didirikan dengan tujuan membantu para pebisnis untuk memproduksi produk kecantikan. Targetnya adalah perusahaan yang belum memiliki pabrik pembuatan produk sendiri.

Maklon kosmetik sudah dilengkapi dengan alat pembuatan produk yang canggih, higienis dan sesuai dengan standart pabrik yang baik. Sehingga produk kecantikan yang dihasilkan dijamin keamanannya dan kualitasnya pun terbaik.

Maklon kosmetik bukan hanya memproduksi produk kosmetik atau skincare. Namun juga membantu pebisnis untuk mendaftarkan produknya ke BPOM dan menguji kehalalannya sehingga mendapatkan sertifikat BPOM dan halal MUI.

Kedua syarat tersebut, yaitu BPOM dan halal MUI tidak terdapat pada pada produk palsu yang biasanya dikerjakan di rumah-rumah dengan tidak higienis.

Untuk mengetahui produk kosmetik asli atau palsu, biasakan untuk mengecek pabrik pembuatannya yang dicantumkan di kemasan. Jika tidak ada nama pabrik pembuatannya, kemungkinan besar produk tersebut palsu.

Kesimpulan

Sudah tahu kan bagaimana menentukan kosmetik asli atau palsu. Pahami dengan teliti sebelum membeli dan pastikan untuk tergiur dengan harga murah. Lebih baik membeli produk makeup dengan harga mahal tapi asli. Daripada murah tapi merusak kesehatan kulit.

Karena itu penting memperhatikan kandungan bahan yang ada di dalam kosmetik dan pabrik pembuatnya. Pastikan tertera nama pabrik pembuatnya di dalam kemasan untuk membuktikan bahwa kosmetik tersebut legal dan asli.

Jangan heran jika ada beberapa produk menggunakan pabrik yang sama. Artinya brand kosmetik atau skincare tersebut menggunakan jasa maklon kosmetik untuk memproduksi produk mereka. Maklon kosmetik sangat membantu brand baru yang tidak memiliki pabrik pembuatan kosmetik sendiri dan menginginkan pembuatan produk secara higienis dan terjamin aman.

Maklon kosmetik juga membantu mengurus ijin BPOM dan halal MUI sehingga produk yang dihasilkan pun dijamin asli dan legal. Salah satu maklon kosmetik yang terpercaya dan sudah membantu ratusan brand dalam memproduksi produknya adalah ADEV Natural Indonesia. Pengalamannya sudah lebih dari 15 tahun, sehingga dipastikan produk yang dihasilkan asli dan legal.

**

Tinggalkan komentar