5 Fakta Penting Tentang Omicron. Cek Di sini !

fakta penting tentang omicron

Varian baru covid 19 mulai bermunculan. Salah satunya yang sempat heboh di tanah air sampai menyeret nama salah satu artis ternama Indonesia, Asyanti yaitu Omicron. Nama ini bahkan sering dijadikan meme oleh beberapa orang menjadi umicron yang diplesetkan sebagai ibunya corona.

Virus corona belum pergi dan masih berada di sekitar kita. Bahkan saat ini mulai bermunculan varian baru corona yang muncul dari turuannya. Tentu saja hal ini tidak bisa dipandang remeh dan harus menjadi perhatian khusus sebagian besar orang.

Salah satu varian corona yang juga membutuhkan perhatian khusus yaitu omicron. Apalagi omicron ternyata memiliki fakta penting yang harus diketahui oleh banyak orang.

Apa Itu Omicron ?

Omicron adalah nama varian baru dari virus corona. Nama omicron berasal dari bahasa Yunani yang dalam kamus Merriam – Webster artinya “O kecil”.

Dinamakan demikian karena gejalanya memang seperti flu biasa, sehingga diartikan sebagai corona dalam versi kecil. Namun demikian efek yang ditimbulkannnya tidaklah kecil. Penderita omicron dapat mengalami gangguan kesehatan parah sebagaimana gejala covid pada umumnya.

Nama ilmiah Omicron yaitu virus varian baru B.1.1529 dan termasuk dalam Variant of Concern (VoC). Kasus Omicron ini sebenarnya ada di luar negeri. Namun sekarang sudah masuk ke Indonesia dan menjadi momok baru bagi dunia kesehatan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan pernyataan bahwa Omicron pertama kali diketahui saat seorang petugas kebersihan berinisial N di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, terdeteksi virus mematikan tersebut. Tepatnya pada Desember 2021.

Perkembangan Omcron rupanya sangat cepat karena selanjutnya ada 3 orang lagi yang terdeteksi Omicron pada bulan yang sama. Tentu saja hal ini menjadi perhatian khusus yang perlu diwaspadai dan segera dicarikan solusi.

Fakta Penting Tentang Omicron

Omicron bukan satu-satunya varian baru covid yang saat ini sedang berkembang di Indonesia. Artinya kita harus menyadari betul bahwa keberadaannya menjadi ancaman bagi kesehatan. Dengan mengenal omicron lebih dalam, kita bisa lebih waspada dan lebih menjaga kesehatan badan.

Beberapa fakta Omicron yang penting untuk diketahui banyak orang diantaranya :

1. Memiliki Angka Penularan yang Tinggi

WHO melalui tim penasehat evolusi virus SARS COV-2 (TAG-VE) menetapkan bahwa Omicron sebagai varian baru covid – 19 sebagai Variant of Concern (VoC). Hal ini dikarenakan kemampuannya untuk merusak sel inang lebih dalam dan lebih cepat.

Penularan omicron yang cepat ini bahkan membuat omicron tak perlu melewati tahap variant of interest, sehingga perhatian khusus harus benar-benar ditujukan kepadanya. Omicron cepat sekali menular dan ini membahayakan bagi orang-orang yang berada di sekitar orang yang sudah terdeteksi.

2. Adanya Risiko Terinveksi Ulang

Vaksin covid yang sudah diberikan kepada manusia terbukti tidak mempan terhadap serangan omicron. Bahkan kemungkinan untuk terinveksi ulang sangatlah besar.

Fakta ini ditunjukkan oleh pemerintah Afrika Selatan yang sudah membuktikannya sendiri di negaranya dan memberikannya kepada pemerintah Indonesia bersama bukti-bukti yang lain. Fakta ini tentu saja membuat kita harus meningkatkan kewaspadaan yang lebih tinggi.

3. Terdeteksi Tes PCR

Omicron dapat terdeketi oleh tes PCR. Begitu juga tes antigen dan tes virus corona yang lain. Fakta ini tentu saja membuat kita harus lebih meningkatkan kekebalan tubuh karena keberadaannya mudah dideteksi.

Hal baiknya, dengan mudah dideteksinya omicron pada tes PCR akan lebih mudah juga petugas kesehatan untuk segera melakukan tindakan medis. Karenanya jangan ragu untuk memeriksakan diri agar kemungkinan terdeteksi Omicron dapat segera diketahui, sehingga penanangannya pun dapat dilakukan dengan semaksimal mungkin.

4. Perlu Vaksin Booster Untuk Omicron

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa Omicron memiliki daya rusak yang lebih dalam daripada virus corona sebelumnya. Artinya diperlukan vaksin booster untuk menanganinya. Karena vaksin biasa tidak mempan untuk menaggulangi penularannya.

Vaksin booster yang dapat digunakan untuk menangkal omicron yaitu Moderna dan Pfizer. Kedua vaksin tersebut dipercaya mampu memberikan perlindungan lebih maksimal terhadap Omicron.

5. Membawa 10 Mutasi

Jika varian Beta yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan membawa 3 mutasi virus corona, maka Omicron membawa 10 mutasi virus corona. Hal ini menunjukkan virus omicron lebih mematikan dan berbahaya.

Fakta ini ditunjukkan oleh seorang ilmuwan Afrika Selatan yang tergabung dalam National Institute for Communicable Diseases (NICD). Tentu saja dibutuhkan perlindungan yang ekstra keras untuk menangani omicron ini.

Bagaimana? Fakta mengenai Omicron membuat ngeri saja ya. Kita harus siap dan selalu waspada menghadapinya. Selain selalu menerapkan protokol kesehatan yang tak boleh terlewat, kita pun harus bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga tubuh agar selalu sehat.

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika sakit dan lakukan isolasi mandiri ketika terbukti terjangkit virus corona. Stay save stay healthy ya.

**

Tinggalkan komentar