5 Tips Menjaga Imunitas Di Masa Pandemi

tips menjaga imunitas di masa pandemi

Menjaga imunitas di masa pandemic sudah menjadi suatu keharusan. Apalagi saat ini virus corona masih berada di sekitar kita. Variannya bukannya berkurang, justru semakin bertambah. Virus mematikan itu belum pergi. Mau tak mau kita harus selalu menjaga kesehatan agar tidak sakit.

Protokol kesehatan harus terus diterapkan. Jangan lupa selalu membawa masker kemanapun pergi. Keberadaan virus corona ini tentu tidak bisa diremehkan loh.

Tips Menjaga Imunitas Agar Tidak Mudah Sakit Di Masa Pandemi

Daya tahan tubuh bisa menjadi lemah ketika pertahanan dari dalam tidak diimbangi dengan pertahanan dari luar. Apalagi virus mematikan masih berada di sekitar kita. Itulah sebabnya, kita harus terus waspada dengan cara meningkatkan imunitas.

Selain menerapkan protokol kesehatan yang wajib dilakukan di masa pandemi, beberapa tips menjaga imunitas berikut ini bisa dilakukan demi meningkatkan daya tahan tubuh, seperti :

1. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dan rutin terbukti dapat menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Tak perlu olahraga berat yang membuat kelelalahan. Cukup olahraga ringan saja seperti senam, jogging atau yoga selama minimal 30 menit setiap hari atau 3 sampai 5 kali seminggu.

Dengan olahraga yang rutin dan teratur membantu membuat tubuh menjadi lebih sehat karena otot dalam tubuh digerakkan semua.

2. Makan Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam makanan bergizi yang membentuk pertahanan diri dalam dari dalam, membuat imunitas seseorang meningkat.

Pilihlah makanan yang mengandung protein, vtamin, mineral dan juga anti oksidan, seperti buah-buahan, sayuran, ikan, susu, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain itu keju dan yogurt juga bisa membantu memperkuat imunitas karena melindungi organ bagian dalam tubuh.

3. Berjemur

Sinar matahari terbukti dapat memicu produksi vitamin D dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas. Dengan demikian berjemur minimal 3 kali seminggu selama 10 sampai 15 menit dapat membantu meningkatkan produksi vitamin D, sehingga daya tahan tubuh semakin terjaga.

Waktu yang tepat untuk berjemur adalah di pagi hari, yaitu dari pukul 09.00 sampai 10.00 WIB. Selain bagus untuk memproduksi vitamin D, berjemur juga dipercaya dapat memperkuat tulang. Tubuh pun menjadi lebih sehat dan kuat.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih prima. Hal ini dikarenakan sel-sel tubuh diberi kesempatan untuk relaksasi sehingga organ dapat bekerja dengan baik.

Berbeda halnya jika tubuh diforsir dan dibuat begadang. Tak ada waktu bagi tubuh untuk istirahat, sehingga rentan terhadap penyakit.

Tidur yang cukup artinya tidur yang sesuai dengan usia dan berkualitas. Artinya tidur yang benar-benar membuat nyenyak. Ukuran bagi orang dewasa, tidur berkualitas adalah antara 7 sampai 9 jam. Sementara bagi remaja, tidur berkualitas berlangsung selama 8 sampai 10 jam per hari.

5. Konsumsi Suplemen Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi suplemen juga bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Suplemen ini seperti booster yang membuat sistem daya tahan tubuh semakin meningkat.

Konsumsilah setiap hari untuk membuat imunitas selalu terjaga. Suplemen makanan yang baik adalah suplemen yang mengandung vitamin C, vitamin D dan juga Echinacea, yaitu senyawa polisakarida dan glikoprotein yang dapat meningkatkan kinerja sistem imun dalam tubuh, sehingga pertahanan tubuh melawan penyakit dapat ditingkatkan.

Itu dia 5 cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi. Ingat terus untuk selalu melakukan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan sampai bersih dan menjaga jarak ya. Selain itu terapkan 5 cara di atas untuk membuat daya tahan tubuh semakin terjaga.

Perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan baca baik-baik kandungan yang ada di dalamnya. Asupan gizi yang benar, akan membantu tubuh semakin sehat dan kuat. Selamat mencoba!

**

 

Tinggalkan komentar