Anak Gampang Sakit. Begini Cara Mengatasinya

anak gampang sakit

Anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah. Itulah sebabnya perlu untuk menjaga kesehatan anak dan meningkatkan imunitas tubuhnya agar tubuh tidak gampang sakit.

Masalahnya daya tahan tubuh anak berbeda-beda. Ada yang kuat dan tidak mudah sakit, tapi ada juga yang mudah sekali terserang penyakit. Seperti anak saya, capek sedikit pasti langsung demam.

Mengapa Anak Gampang Sakit ?

Anak gampang sakit karena daya tahan tubuhnya lemah, sehingga pertahanan dalam dirinya untuk menangkal berbagai penyakit kurang. Zat yang dapat menangkal penyakit yang berasal dari virus atau bakteri di luar tubuh adalah sel darah putih.

Zat dalam sel darah putih inilah yang berperan sebagai tentara dalam tubuh. Tugasnya menangkal benda asing dari luar tubuh. Jika sel darah putih kalah dan tidak mampu menangkap penyakit, maka tubuh akan bereaksi dengan menjadi sakit.

Cara Mengatasi Anak yang Gampang Sakit

Untuk menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit, orang tua harus bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya dari dalam.

Dilansir dari aladokter, cara untuk mengatasi anak yang gampang sakit yaitu :

1. Biasakan Anak Mencuci Tangan Sampai Bersih

Penyakit biasanya berasal dari kuman yang menempel pada tangan. Karena itulah biasakan anak-anak untuk mencuci tangan sampai bersih sebelum melakukan sesuatu. Seperti sebelum dan sesudah makan, setelah bermain kotor-kotoran, setelah memegang benda-benda yang kotor, dan lain-lain.

Gunakan sabun dan air mengalir selama kurang lebih 20 detik sampai tangan benar-benar bersih dan bebas kuman.

2. Lengkapi Imunisasi Anak Sesuai Jadwal

Anak-anak memiliki jadwal imunisasi yang sudah ditetapkan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Pastikan untuk memenuhi semua kebutuhan imunisasi anak sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Seperti imunisasi campak, difteri dan lain sebagainya.

Imunisasi anak yang lengkap akan melindungi anak dari berbagai penyakit yang datang menyerang. Daya tahan tubuh anak terjaga dan anak pun menjadi sehat serta tidak mudah sakit.

3. Berikan Makanan Bergizi Kepada Anak

Kandungan gizi yang ada dalam makanan pun bisa menjadi booster untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Seperti vitamin C yang dapat menjadi anti oksidan yang baik untuk menangkal penyakit, vitamin D untuk memperkuat tulang dan gigi, Vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit dan lain sebagainya.

Pastikan untuk memberikan anak asupan makanan bergizi sehingga pertahanan dalam tubuhnya semakin baik. Anak pun jadi tidak mudah sakit.

4. Pastikan Kebutuhan Cairan Anak Terpenuhi

Cairan dalam tubuh berguna untuk memperlancar aliran darah ke seluruh bagian organ tubuh. Jika alirannya lancar, kinerja tubuh pun jadi optimal. Itulah kenapa cairan sangat dibutuhkan untuk kesehatan badan.

Pastikan untuk memberikan kebutuhan cairan kepada anak dengan memberinya banyak minum air putih dan susu. Keduanya terbukti bagus untuk menjaga kelancaran cairan dalam tubuh, sehingga tubuh pun semakin sehat.

5. Ajak Anak Olahraga Rutin

Olahraga rutin juga baik untuk menjaga tubuh sehat dan kuat. Ajaklah anak untuk olahraga ringan setiap pagi. Minimal 10 menit saja sudah cukup. Jika dilakukan secara rutin. Tubuh anak jadi lebih sehat karena olahraga membuat seluruh anggota badan bergerak, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh lancar.

6. Pastikan Anak Tidur Cukup

Waktu tidur anak-anak dan orang dewasa itu berbeda. Pastikan untuk memahaminya dan menjaga agar anak mendapatkan waktu tidur yang cukup sesuai dengan usianya.

Untuk balita 0 sampai 3 bulan, waktu tidurnya adalah 10 sampai 18 jam. Usia 4 – 11 bulan, waktu tidurnya selama 12 sampai 15 jam. Usia 1-2 tahun, anak tidur selama 11-14 jam. Usia 3-5 tahun, waktu tidurnya 10-13 jam dan anak usia 6-13 tahun memiliki waktu tidur efektif selama 9-11 jam.

Tidur nyenyak sesuai dengan usianya, akan membantu anak bangun dalam keadaan bugar dan sehat. Anak-anak pun jadi lebih ceria karena tidak gampang sakit.

Bagaimana bunda? Sudah menerapkan cara yang mana nih untuk menjaga kesehatan anak agar tidak gampang sakit. Sharing di kolom komentar yuk.

**

Tinggalkan komentar