Penyebab jerawat pada masa pubertas atau beranjak dewasa 5/5 (3)

By | 28/08/2019
Penyebab jerawat pada anak pubertas yang sekiranya anda alami

Apakah penyebab jerawat pada masa pubertas ?

Penyebab jerawat ialah masalah kulit yang terjadi saat folikel rambut ( tempat tumbuhnya rambut ) kesumbat minyak serta sel-sel kulit mati. Hal ini biasanya menjadi pemicu jerawat muncul bintik-bintik pada bagian tubuh, seperti leher, wajah, dada dan punggung dengan kata lain adalah penyebab jerawat. Secara umum berjerawat mampu dialami oleh siapa saja. Usia remaja atau masa puber ( 10 sd 13 tahun ) yang paling sering alami jerawat terlebih memiliki kulit berminyak ( penyebab jerawat atau pemicu jerawat ). Jerawat yang di alami remaja secara umum akan menghilang dengan sendirinya saat usia menginjak 20 tahunan. Akan tetapi banyak kasus jerawat masih dialami sebagian orang hingga umur 30 tahunan, terlebih pada kaum wanita.

Berikut ini adalah gejala munculnya jerawat yang dapat dirasakan.

Umumnya penyebab jerawat itu dapat tumbuh atau muncul di seluruh permukaan bagian tubuh. Penyebab jerawat yang sering di jumpai itu muncul di leher, wajah, punggung, bahu, serta dada. Gejala penyebab jerawat muncul, nampak komedo atau bintik putih kecil di permukaan kulit dan terasa nyeri. Komedo putih serta agak kemerahan akan muncul di permukaan kulit. Kotoran penyebab jerawat yang terkena oksigen membuat munculnya komedo tersebut.

Tidak hanya komedo, jerawat mampu muncul dan menjadi parah karena peradangan, sebagian di antaranya:

  • Kista atau bejolan yang cukup besar dan dalamnya terdapat nanah. Kista terbentuk di bawah permukaan kulit.
  • Nodul atau benjolan keras yang muncul dan terbentuk dari permukaan kulit.
  • Papula atau benjolan kecil berwarna kemerahan.
  • Pustula juga benjolan kecil yang ujung dari benjolan tersebut terdapat nanah.

Apakah pemicu jerawat muncul di atas permukaan kulit?

Empat kondisi ini mampu membuat serta pemicu jerawat muncul, yaitu:

  1. Hormonal. Hormon androgen memiliki aktivitas berlebih dapat memicu munculnya jerawat.
  2. Bakteri. Bakteri jenis ini propionibacterium acnes mampu berkembang serta menyumbat folikel rambut.
  3. Folikel rambut tersumbat. Munculnya jerawat akibat folikel tersumbat dan akibat sel kulit mati.
  4. Produksifitas sebum berlebih. Zat yang di produksi oleh kelenjar minyak untuk mengurai kulit kering adalah sebum.

Folikel rambut yang tersumbat akan bengkak serta menjadi komedo. Hal ini jangan di anggab remeh karena mampu berkembang menjadi papula, pustula, kista, atau cuman nodul.

Inilah beberapa faktor resiko mengalami jerawat yang umum di alami ( akibat muncul jerawat ).

Beberapa faktor yang meningkatkan resiko seseorang alami gangguan jerawat adalah:

  • Peningkatan produksi hormon. Kasus munculnya penyebab jerawat hampir 80% terjadi pada wanita yang sedang mengalami perubahan hormon. Contohnya akan menstruasi serta awal kehamilan ( 3 bulan pertama ).
  • Puber remaja. Masa puber dimana produksi hormon testosteron mengalami peningkatan. Peningkatan hormon testosteron mengakibatkan kelenjar minyak memproduksi sebum dalam volume besar dari yang di butuhkan kulit.
  • Faktor keturunan. Umumnya seseorang yang bermasalah dengan jerawat akan rentan beresiko alami muncul jerawat.
  • Pola pikir ( Stres ). Pikiran kacau atau stres tidak mengakibatkan jerawat, akan tetapi memperparah jerawat yang ada.
  • Obat-obatan serta Kosmetik. Penggunaan kosmetik yang over atau tidak cocok dengan jenis kulit menjadi salah satu faktor jerawat. Konsumsi suplemen atau obat juga mampu memicu hormon yang mengakibatkan jerawat.

Langkah pencegahan munculnya jerawat pada permukaan kulit.

Penyebab jerawat amat sangat susah dicegah, namun langkah berikut untuk mengurangi jerawat serta meminimalkan munculnya jerawat. Inilah beberapa cara untuk mencegah jerawat, adalah :

  • Mencuci muka secara teratur menggunakan pembersih wajah dari minyak, terlebih melakukan wudhu.
  • Jauhi serta tinggalkan kosmetik yang mengandung minyak.
  • Untuk bagian jerawat di tubuh, jangan menggunakan pakaian yang ketat.
  • Bekas riasan di wajah selalu bersihkan sebelum tidur malam.
  • Aktivitas mandi rutin, minimal 2 kali sehari di pagi dan sore hari.
  • Jangan mudah setres, kelola pikiran serta hati agar tidak setres berlebih.

Cara alami hilangkan jerawat secara cepat yang mungkin anda alami.

Dari dulu cara alami menghilangkan jerawat sangat digemari oleh banyak orang yang alami gangguan jerawat. Ada beberapa cara menghilangkan gangguan jerawat yang masih alami namun manjur, diantaranya:

  • Lidah buaya

Bahan alami yang dapat di gunakakan untuk menghilangkan penyebab jerawat dengan lidah buaya. Polifenol yang terkandung dalam lidah buaya mampu menghilangkan jerawat jika digunakan secara teratur. Gunakan jel lidah buaya oles bagian yang terdapat jerawat diamkan kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih.

  • Telur ayam ( putih telur )

Putih telur mengandung enzim lysonzim yang bermanfaat menghilangkan penyebab jerawat yang membandel. Pengaplikasian, pisahkan putih telur dari kuningnya serta campur putih telur dengan perasan lemon. Oleh pada bagian yang berjerawat serta diamkan untuk 20 menitan. Bilas dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk. Lakukan cara ini secara teratur.

  • Bawang ( bawang putih )

Selain untuk bumbu dapur, ternyata bawang putih salah satu herbal penghilang pemicu jerawat. Kandungan zat sulfur yang terdapat pada bawang putih mampu menghilagkan jerawat secara ampuh. Tumbuk bawang putih secukupnya kemudian tempel pada bagian kulit yang berjerawat. Kemudian diamkan untuk beberapa menit lalu bilas dengan air bersih dan lap kering.

  • Ketimun ( mentimun )

Antioksidan yang terkandung dalam mentimun sangat tinggi. Selain itu asam amino serta vitamin juga terdapat pada mentimun. Beberapa kandungan mentimun sangat ampuh untuk mengusir jerawat. Bermasker dengan mentimun sangat tepat untuk menghilangkan pemicu jerawat pada bagian wajah.

Inilah herbal lanjutan untuk melengkapi pengobatan jerawat secara alami namun cukup ampuh.

  • Lemon

Lemon adalah buah yang mengandung asam askorbat berfungsi ampuh untuk hilangkan penyebab jerawat. Peras lemon kemudian air lemon di oleskan pada bagian yang berjerawat diamkan beberapa waktu. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

  • Madu alami

Masker jerawat menggunakan madu alami adalah cara tepat hilangkan penyebab jerawat membandel pada wajah. Madu memiliki kandungan yang sangat baik untuk hilangkan jerawat. Lantas tidak ada salahnya jika menggunakan madu alami untuk bermasker.

  • Buah tomat

Vitamin C dan A yang dimiliki tomat mampu memberantas jerawat bandel yang mungkin anda alami. Potong 1 buah tomat kemudian oles merata di bagian yang berjerawat. Diamkan proses ini selama 20 menitan dan akhiri dengan membilas dengan air bersih.

  • Buah pepaya

Anda pasti tahu buah pepaya, kandungan enzim papain pada pepaya terbukti efektif menghilangkan jerawat. Dengan cara di gunakan untuk bermasker, buah pepaya ampuh hilangkan jerawat.

  • Alpukat

Tidak hanya sebagai jus atau campuran es buah. Alpukat ternyata dapat digunakan secara efektif untuk hilangkan jerawat. Karena kandungan vitamin E pada alpukat dapat membuat kulit menjadi sehat dan berseri. Kulit sehat tentunya akan meminimalis peradangan akibat jerawat. Cara menggukannya haluskan alpukat lalu pergunakan untuk maskeran.

Kesimpulan dari informasi penyebab berjerawat serta cara pencegahan dan pengobatannya.

Untuk menghilangkan jerawat harus sabar dan selalu menjaga kebersihan. Jerawat adalah kondisi umum dan mayoritas orang mengalami berjerawat. Jadi janganlah bingung atau setres memikirkan akibat timbulnya jerawat, itu akan memperparah jerawat yang di alami. Pencegahan jerawat serta mengobati jerawat tidak harus dengan obat mahal. Karena alam sekitar telah menyediakan herbal alami untuk menghilangkan penyebab jerawat.

Jangan lupa ya, jika informasi ini penyebab jerawat dianggab bermanfaat berikan bintang dan share atau bagikan. Tujuannya adalah supaya rekan atau keluarga kita juga mendapatkan informasi kesehatan ini, berbagi kebaika itu indah, terimakasih.

 

Baca juga :

Jangan lupa kasih bintang informasi ini

One thought on “Penyebab jerawat pada masa pubertas atau beranjak dewasa

  1. Pingback: Menghilangkan jerawat secara cepat dengan metode alami - LAJU SEHAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *