Penyebab mata minus mungkin di derita cari tahu solusinya 5/5 (1)

By | 26/08/2019
Penyebab mata minus secara umum yang mungkin anda derita

Penyebab mata minus atau rabun jauh yang mungkin anda derita.

Penyebab mata minus bisa saja terjadi pada anda. Jika merasa kesulitan melihat dengan jarak jauh serta terasa aneh dengan penglihatan jauh. Jika anda alami itu, bisa jadi anda mengalami miopi atau rabun jauh ( mata minus ). Supaya mampu melihat secara jelas, anda memerlukan pertolongan lensa minus untuk melihat jarak jauh. Secara umum ada beberapa penyebab mata minus diantaranya menonton atau melihat ( tv, laptop, hp ) terlalu dekat serta suka membaca. Pendapat lain membaca di ruang yang kurang cahaya juga bisa membuat mata minus. Apakah semua itu benar penyebab mata minus ? Apa sih sebenarnya penyebab miopi – mata minus itu ? Inilah penjelasannya tentang penyebab mata minus atau rabun jauh.

Apa saja penyebab mata minus atau rabun jauh yang kebanyakan orang alami?

Pada umumnya mata normal, dapat memilhat obyek, serta bayangan obyek yang ditangkap oleh mata harus diterima retina. Akan tetapi, mata yang mengalami miopi ( rabun jauh ) bayangan yng di terima tidak pas di retina, hanya sampai di depannya. Alhasil membuat pengelihatan mata menjadi buram atau blur kurang jelas.

Belum diketahui secara pasti penyebab mata minus itu terjadi. Para ahli merumuskan bahwa mata minus yang di alami seseorang itu pengaruh lingkungan dan genetik. Para ahli berkemuka, ada beberapa faktor resiko yang kemungkinan terjadi jika mata anda menderita rabun jauh, yaitu :

  • Faktor Genetik

Jika di antara orangtua anda mengalami rabun jauh, bisa jadi peluang anak menderita kondisi rabun jauh juga besar. Terlebih jika kedua orang tua mengalami rabun jauh ( mata minus ) semuanya. Pernyataan penelitian ada 40 gen yang bisa mengakibatkan mata minus atau rabun jauh.

  • Suka membaca ( biasa membaca )

Walau bukan penyebab mata minus paling utama, ternyata suka membaca memiliki andil resiko mata rabun. Terlebih anda suka membaca di tempat yang kurang pencahayaan serta jarak baca terlalu dekat.

  • Kurang memandang di luar ruangan

Ada sebagian penelitian menyatakan kalau rabun jauh atau miopi bisa di akibatkan karena kurangnya aktivitas pandangan mata di luar ruangan. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan cahaya di dalam serta luar ruangan itu jelas berbeda.

  • Pandangan mata monoton dalam pandangan dekat

Umumnya yang memiliki kegiatan menulis, membaca, ataupun menggunakan HP serta gadget lainnya adalah dekat mata. Karena itu aktivitas tersebut mampu membuat mata menjadi minus atau rabun jauh. Setidaknya jarak baca atau menulis yang benar adalah 40 cm ( centimeter ) baik dari buku atau layar.

Upaya pencegahan sakit mata minus.

Penyebab utama mata minus yang masih dipertanyakan, tapi bisa kita dapat melakukan pencegahan. Ada beberapa hal yang dapat mengurangi resiko mata minus, yaitu :

  • Jangan malas melaukan aktivitas di luar ruangan.
  • Jangan menulis, membaca dalam radius dekat dengan mata ( jarak aman kisaran 40 cm )
  • Selalu hindari menulis atau membaca di tempat yang kurang pencahayaan atau redup.
  • Mata yang terasa lelah, istirahatkan maka kita serta jangan paksakan arkivitas mata.
  • Biasakan untuk melihat jauh dan dekat dalam beberapa saat secara bergantian.

Terkadang mata minus terjadi saat usia anak-anak kemudian berhenti ketika beranjak dewasa. Akan tetapi tidak selalu begitu. Tidak jarang gangguan mata minus atau rabun jauh di derita hingga usia dewasa. Jika anda merasa mengalami tanda – tanda gangguan mata rabun jauh, cepatlah konsultasikan doker. Gejala rabun jauh itu tidak hanya buram melihat jauh, akan tetapi bisa juga di rasakan dengan gejala :

  • Mata serasa cepat lelah
  • Mata menjadi tegang ( terasa berat )
  • Pusing dan sering sakit pada bagian kepala

Apabila tanda itu terjadi dan anda rasakan, segera konsultasikan pada dokter mata. Penanganan yang cepat dan cepat akan mengurangi resiko lebih pada mata. Umumnya penangan mata minus dengan memberikan lensa minus sesuai dengan kondisi mata saat itu. Selain menggunakan lensa minus, anda juga dapat melakukan LASIK, atau operasi dengan laser untuk perbaiki mata minus.

Kesimpulan dari ulasan penyebab mata minus atau rabun jauh ( miopi ).

Mata adalah organ vital yang terdiri 2 sisi kiri kanan. Dengan memiliki mata yang sehat kita mampu melakukan aktivitas keseharian. Selalu jaga mata kita dengan menerapkan pola hidup sehat. Kebiasaan yang tidak baik misal membaca sambil tidur, menonton tv di kamar gelap adalah beberapa faktor penyebab kerusakan mata. Konsumsilah sayur yang dapat memberikan vitamin untuk kesehatan mata, misal saja wortel. Jangan pola tidur yang cukup serta tepat supaya mata dan pikiran kita menjadi fresh.

Informasi ini jika dirasa bermanfaat kami harap share atau bagikan kepada rekan serta keluarga lainnya. Harapan dari anda berbagi informasi atau share adalah supaya orang lain juga bisa mendapatkan informasi kesehatan yang bermanfaat ini.

 

Baca juga :

Jangan lupa kasih bintang informasi ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *