Tekanan Darah Rendah. Begini Cara Mengatasinya

cara mengatasi tekanan darah rendah

Pernah mengalami pusing saat tiba-tiba berdiri setelah duduk lama. Atau tubuh lemas setelah begadang seharian dan lupa makan. Itu tandanya Anda mengalami tekanan darah rendah. Jangan kaget saat diperiksa tensi darahnya, angka yang terbaca di alat tensi menunjukkan angka 80/51. Rendah sekali.

Tekanan darah rendah tidak boleh disepelekan. Penderitanya harus berusaha untuk menaikkan tekanan darah sampai berada pada batas normal. Jika tidak, penderita akan selalu merasa lemas dan kurang bertenaga. Hal ini bisa membuat daya tahan tubuh lemah sehingga mudah terserang penyakit.

Bagaimana Tekanan Darah Darah Bisa Terjadi ?

Berapa sebenarnya tekanan darah yang normal, sampai bisa dikatakan tekanan darah seseorang itu rendah?

Dilansir dari alodokter.com, tekanan darah normal manusia adalah 120/80 mmHg. Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah rendah jika tekanan darah systole dan diastolenya berada di kisaran kurang dari 90/60 mmHg.

Gejala yang sering dialami tekanan darah rendah biasanya adalah pandangan mata kabur, mual, lelah, sesak napas, pusing sampai pingsan.

Penyebabnya pun beragam. Kebanyakan karena gaya hidup yang kurang sehat, seperti sering begadang, kurang makan dan olahraga dan akitivitas melelahkan lainnya. Selain itu bisa juga karena dehidrasi, alergi,  atau kehilangan darah karena kecelakaan. Konsumsi obat – obatan dan menderita penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah menunjukkan tubuh sedang berada di titik yang lemah. Jika dibiarkan, tubuh bisa rentan terkena penyakit. Keadaan ini harus segera diatasi. Beberapa tips berikut dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah rendah:

1. Perhatikan Posisi Tubuh

Meskipun terlihat sepele, posisi tubuh rupanya mempengaruhi aliran darah dalam tubuh. Seperti saat bangun tidur. Jangan langsung bangun.

Berbaringlah dulu dalam waktu yang cukup lama sampai tubuh merasa lebih segar, setelah itu baru perlahan bangun dari tempat tidur. Cara ini dapat memperlancar peredaran darah, sehingga tubuh menjadi lebih segar.

Duduk lama juga dapat membuat penderita tekanan darah merasa pusing ketika tiba-tiba berdiri. Karena itu silangkan saja paha dan angkat kaki perlahan saat hendak berdiri setelah duduk dalam waktu yang lama. Tunggu sampai aliran darah dari kaki berjalan lancar sampai ke jantung. Tandanya, pusing perlahan hilang.

Jika sudah tidak merasa pusing lagi, artinya tekanan darah sudah kembal lancar dan penderita tekanan darah bisa langsung beraktivitas seperti biasa.

2. Gunakan Stoking Kompresi

Stoking kompresi adalah stoking yang tujuannya untuk mencegah aliran darah berkumpul pada pembuluh darah vena yang ada di kaki.

Dengan menggunakan stoking kompresi ini, penderita tekanan darah rendah dapat mengatasi perubahan aliran darah terutama saat posisi tubuh tiba-tiba berubah.

3. Konsumi Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula

Gula yang sudah diproses, seperti gula jagung dipercaya dapat meningkatkan tekanan darah dengan baik. Konsumsilah secara teratur untuk menjaga tekanan darah kembali normal.

Konsumsi gula juga bisa divariaskan dengan menambahkannya ke dalam makanan atau minuman, agar tidak monoton dan bosan. Dengan mengkonsumsi gula yang sudah diproses tersebut, tekanan darah akan perlahan naik dan penderita tidak akan merasa pusing lagi.

4. Konsumsi Suplemen Herbal

Suplemen herbal yang dipercaya dapat membantu meningkatkan tekanan darah yaitu jahe, kayu manis dan juga lada. Kandungan yang ada di dalam suplemen herbal tersebut dapat melancarkan aliran darah sehingga tekanan darah bisa kembali normal.

Namun perlu diingat untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi suplemen herbal. Konsumi yang tepat dapat membantu tubuh semakin sehat dan tekanan darah kembali normal.

5. Minum Obat untuk Menaikkan Tekanan Darah

Pada beberapa kasus berat seperti tekanan darah karena suatu penyakit, maka dokter akan memberikan obat khusus yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan darah. Obat yang disarankan biasanya adalah fludrocortisone dan midodrine (orvaten).

Kedua obat tersebut bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat dinaikkan. Penggunaan obat tersebut tentu saja harus sesuai dengan ijin dokter ya dan digunakan pada penderita tekanan darah yang parah, sehingga membutuhkan penanganan khusus.

6. Makan Daging Kambing

Makan daging kambing dipercaya dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini karena daging kambing memliki kolesterol yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat.

Penderita tekanan darah rendah disarankan untuk mengkonsumsi daging kambing dalam berbagai olahan untuk meningkatkan tekanan darahnya. Seperti dalam bentuk sate, tongseng, krengsengan, gule dan lain-lain.

Namun perlu diingat untuk tidak memakan daging secara berlebihan agar tekanan darah tidak terus naik dan menjadi hipertensi. Makanlah daging kambing sewajarnya saja sampai tekanan darah kembali normal.

Nah itu dia beberapa tips untuk mengatasi tekanan darah rendah. Mempraktekkanya bisa membuat tekanan darah perlahan naik. Selamat mencoba ! kalau ada yang berhasil, bisa sharing di kolom komentar ya.

**

Tinggalkan komentar